spk

Apa itu Sistem Pendukung Keputusan dan Bagaimana Membantu Bisnis Anda?

Sebuah sistem pendukung keputusan (DSS) adalah sistem informasi berbasis komputer yang membantu penggunanya dengan pengambilan keputusan.

DSS dapat dikategorikan berdasarkan jenis keputusan yang akan dibuat:

  1. DSS Operasional: Sistem ini membantu pengambilan keputusan strategis dan taktis terkait dengan operasi, seperti manufaktur dan logistik.
  2. DSS Data: Sistem ini membantu dalam pengumpulan dan interpretasi data untuk analisis statistik atau peramalan.
  3. Sistem Pendukung Keputusan: Sistem ini membantu dalam semua jenis pengambilan keputusan, seperti manajerial, keuangan dan ekonomi.
  4. Pemodelan DSS: Sistem ini menyediakan simulasi komputer dari situasi atau proses kehidupan nyata yang dapat dipelajari sebelum itu terjadi, atau ketika itu terjadi untuk tujuan meningkatkan kinerja.

Perlu Anda ketahui juga bahwa sistem keputusan memiliki berbagai jenis metode, seperti metode weighted product, metode SAW, metode Edas dan lain sebagainya.

Bagaimana Membangun Sistem Pendukung Keputusan untuk Bisnis Anda

Sebuah sistem pendukung keputusan (DSS) adalah perangkat lunak yang menghubungkan data yang berbeda dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Dua fitur utama dari DSS yang ideal adalah:

  • Integrasi data: Sistem harus dapat menghubungkan dan menanyakan berbagai jenis data.
  • Pemodelan keputusan: Sistem harus dapat secara otomatis mempelajari dan menghasilkan model prediktif untuk semua jenis keputusan.

Dalam makalah ini, kami akan mengeksplorasi bagaimana membangun sistem pendukung keputusan otomatis untuk bisnis Anda dari awal, dengan bantuan beberapa alat sumber terbuka.

Masa Depan Pengambilan Keputusan Analitis – Apa Prediksinya?

Kami berada di era data besar, di mana ada begitu banyak informasi yang tersedia bagi kami sehingga kami tidak dapat menanganinya. Itu sebabnya analitik prediktif menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.

Analisis prediktif dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik tentang masa depan mereka. Misalnya, ini dapat membantu meningkatkan strategi pemasaran, mengidentifikasi potensi risiko dan menghasilkan perkiraan yang lebih baik, dll.

Evolusi Keputusan Dari Analitis ke Otomatis, Dan Mengapa Anda Harus Peduli!

Analytics adalah hal normal yang baru, tetapi sekarang analitik sedang diotomatisasi.

Ada pergeseran dari analitik ke otomatisasi, dan pergeseran ini mengubah proses pengambilan keputusan dalam bisnis. Beberapa industri yang sudah mulai mengalami pergeseran ini adalah kesehatan, perbankan, dan ritel. Industri-industri ini telah mengalami pergeseran dari keputusan berbasis analitik ke keputusan otomatis.

Ada banyak perdebatan tentang seperti apa masa depan pekerjaan dengan kedua teknologi ini bekerja bersama secara berdampingan. Beberapa orang mengatakan bahwa lebih sedikit orang akan dibutuhkan dalam angkatan kerja karena otomatisasi mengambil alih begitu banyak tugas. Yang lain percaya bahwa itu tidak akan berpengaruh karena robotika tidak dapat menggantikan manusia dalam semua aspek pekerjaan.

Apa Jenis Keputusan yang Otomatis?

Dalam hal pengambilan keputusan, mesin sebenarnya lebih baik dalam beberapa tugas daripada manusia.

Misalnya, ketika ada banyak kemungkinan hasil dari suatu keputusan, mesin dapat memproses semuanya dan menghasilkan solusi yang dioptimalkan dalam waktu yang sangat singkat bagi manusia untuk melakukan hal yang sama.

Mesin juga hebat dalam membuat keputusan dengan banyak data. Karena mereka tidak perlu khawatir tentang bias, mereka dapat membaca informasi secara lebih objektif dan memberikan jawaban yang kemungkinan besar mendekati kebenaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *