Gunung tertinggi di dunia

Gunung Tertinggi di Dunia

Di dunia ini ada gunung yang memiliki puncak dengan ketinggian lebih dari 8.000 mdpl. Gunung dengan ketinggian tersebut memiliki puncak yang selalu tertutup salju dan gletser. Misalnya, gunung Everest, K2, & Kangchenjunga. Setiap hari selalu turun salju. Udara di sekeliling puncak sangat dingin dan minim oksigen. Apakah itu hambatan bagi pendaki profesional? Tidak, itu adalah tantangan tersendiri bagi seorang pendaki profesional yang ingin menjelajahi puncak gunung tertinggi di dunia. Persiapan fisik, mental, peralatan hiking hingga aklimatisasi telah dilakukan jauh-jauh hari. Demi bisa menaklukkan 5 puncak gunung tertinggi di dunia. Berikut 5 gunung tertinggi di dunia favorit pendaki profesional yang kami kutip dari laman situs napaktilas.net.

1. Gunung Everest (8.848 m)

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 m. Dengan ketinggian tersebut, puncak gunung Everest selalu diselimuti oleh salju abadi dan gletser. Suhu di area puncak sangat dingin bahkan mencapai minus 40 derajat Celcius. Akibatnya, saat musim dingin, sungai membeku, cuaca ekstrim dan banyak bermunculan gletser.

Rangkuman singkat tentang informasi gunung Everest:

 Keterangan
Elevasi8.949 m.
Kota terdekatShigatse.
Misi pendakian tertama ke puncak Everest29 Mei 1.953.
Pendaki pertama di puncak EverestEdmund Hillary, Tenzing Norgay.
LetakPengunungan Himalaya, Mahalangur Himal
NegaraNepal, China.
Jalur PendakianJalur selatan: Jalur negara Nepal dari basecamp Nepal (5.364 mdpl). Jalur Utara: Jalur negara China dari basecamp Tibet (5.150 mdpl).

Saat ini ada sekitar 20 jalur pendakian ke puncak Everest. Akan tetapi, hanya dua jalur pendakian yang popular yaitu: jalur selatan dari negara Nepal dan jalur utara dari negara China. Kedua basecamp pendakian tersebut sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari tim penyelamat, transportasi hingga bangunan shelter yang memadai. Jadi, jalur pendakian tersebut lebih aman.

Terbukti, dua pendaki wanita dari Indonesia, Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari berhasil mencapai puncak Everest dengan selamat. Kedua srikandi Indonesia ini melalui jalur China, dengan guide bernama Hiroyuki Kuraoka. Banyak rintangan menuju puncak Everest, tapi berkat latihan keras, aklimatisasi yang cukup dan guide yang profesional, keduanya berhasil mencapai puncak dari gunung tertinggi di dunia, yaitu puncak Everest.

Berikut foto-foto kehebatan srikandi Indonesia dalam menaklukkan gunung tertinggi di dunia, yaitu Mount Everest:

Pendakian gunung Everest Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari Gunung Tertinggi di Dunia
Pendakian gunung Everest – Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari

Sebelum pendakian ke puncak Everest, Fransiska dan Mathilda terlebih dahulu melakukan eklimatisasi di ketinggian 5.500 m. Tujuannya agar termoregulator tubuh pendaki dapat bekerja dengan baik saat mendaki di atas ketinggian 8.000 m.

Pendakian gunung tertinggi di dunia Fransiska dan Mathilda Gunung Tertinggi di Dunia
Persiapan sebelum perjalanan summit Everest

Ada banyak persiapan sebelum menuju puncak Everest. Pengecekan kesehatan, tingkat konsentrasi pendaki, perlengkapan dan cuaca. Biasanya pendaki akan mencoba beberapa kali summit attack untuk mendapatkan momentum terbaik. Karena pendakian ke puncak Everest itu memang perlu moment yang tepat.

Pendaki Indonesia telah sukses mencapai puncak tertinggi di dunia puncak Everest 8.848 m Gunung Tertinggi di Dunia
Dua srikandi Indonesia sukses mengibarkan bendera merah putih di puncak Everest 8.848 m.

2. Gunung K2 (8.611 m)

Gunung K2 merupakan gunung tertinggi ke-2 di dunia setelah gunung Everest. Gunung K2 terletak di perbatasan negara Pakistan dan China. Tepatnya, di kawasan Gilgit-Baltistan (Pakistan bagian utara) dan di kawasan Tajik Taskhurgan (Xinjiang).

Ketinggian gunung K2 mencapai 8.611 m, selisih sedikit dengan gunung Everest. Akan tetapi, medan pendakiannya sangat sulit dan berbahaya. Tidak percaya? Bayangkan ya, sampai saat ini hanya ada 367 orang yang bisa mencapai puncak K2. Dan menurut laporan terakhir, ada 91 pendaki yang meninggal akibat upaya mendaki ke puncak K2. Keganasan gunung K2 bahkan sampai dibuatkan film dokumenter dengan judul The Summit. Setelah menonton filmnya, kami menjadi semakin yakin bahwa gunung K2 merupakan gunung yang benar-benar sulit dan berbahaya.

Berikut ini beberapa foto medan pendakian di gunung K2:

Gunung tertinggi ke 2 di dunia gunung K2 Karakoram 2 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung tertinggi ke-2 di dunia – gunung K2
Ekspedisi gunung K2 Gunung Tertinggi di Dunia
Ekspedisi gunung K2

Jika kamu ingin mencoba mendaki gunung K2, kamu bisa mendaki melalui jalur Abruzzi Spur (South east ridge). Medan pendakian ini sangat sulit. Angin di jalur Abruzzi Spur dapat bertiup dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam. Pada kondisi ekstrim, suhu di puncak dapat mencapai minus 60 derajat Celcius. Benar-benar gunung yang mengerikan. Untuk menghadapi cuaca ekstrim tersebut, beberapa pendaki K2 melakukan teknik bivouac, rock climbing & ice climbing. Beberapa pendaki yang telah menyelesaikan misi K2, diantaranya:

  • Lino Lacedelli.
  • Achille Companoni.
  • Ichiro Yoshizawa.
  • Mingma Gyabu Sherpa.
  • Nimal Purja,

Mereka benar-benar pendaki penantang maut. Good job guys!

3. Gunung Kangchenjunga (8.586 m)

Gunung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Kangchengjunga. Gunung Kangchenjunga memiliki ketinggian 8.586 m. Terletak di perbatasan negara Nepal dan India. Gunung Kangchenjunga termasuk dalam 14 gunung tertinggi di dunia yang memiliki ketinggian lebih dari 8.000 mdpl (Eight-thousander). Biarpun, medan pendakiannya tidak se-ekstrim gunung K2, tapi gunung Kangchenjunga tetaplah berbahaya. Jadi, hanya pendaki profesional yang bisa mencapai puncak tertinggi gunung Kangchenjunga.

Berbicara tentang eight-thousander Kangchenjunga, ternyata gunung ini memiliki kisah yang unik. Di mana, nama Kangchenjunga diambil karena gunung ini memiliki 5 puncak yang dijuluki “lima harta karun salju”. Dan puncak tersebut telah dikeramatkan oleh penduduk Sikkim. Unik ya?

Berikut ini foto-foto gunung Kangchengjunga:

Gunung tertinggi ke 3 di dunia gunung Kangchengjunga Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung tertinggi ke-3 di dunia – gunung Kangchengjunga
Ekspedisi pendakian ke gunung Kangchengjunga Gunung Tertinggi di Dunia
Ekspedisi pendakian ke gunung Kangchengjunga

Untuk bisa mendaki gunung Kangchengjunga, kamu bisa mendaki melalui sisi barat daya gunung Kangchengjunga. Lokasi basecamp berada di Yalung Face. Kamu akan mendaki dari ketinggian 5.500 m di Yalung Glacier. Jalur ini cukup sulit, di mana sejak tahun 1955 sampai hari ini hanya ada 162 pendaki yang bisa mencapai puncak Kangchenjunga melalui jalur ini.

4. Gunung Lhotse (8.516 m)

Gunung Lhotse merupakan gunung dengan julukan eight-thousander yang lokasinya dekat dengan gunung Everest. Gunung Lhotse termasuk gunung tertinggi ke-4 di dunia karena gunung Lhotse memiliki ketinggian 8.516 m. Nama “Lhotse” berasal dari lokasi puncak gunung yang berada di wilayah selatan. Makanya, gunung ini dinamakan “Lhotse” atau “puncak selatan”. Biarpun lokasinya dekat dengan gunung Everest dan basecamp pendakiannya berada di satu lokasi dengan basecamp Everest, tapi kedua gunung ini cuma tetanggaan. Ya, benar. Puncak Lhotse bukan bagian dari gunung Everest, melainkan gunung tersendiri di jajaran eight-thousander.

Berikut ini beberapa foto pendakian di gunung tertinggi ke-4 di dunia, gunung Lhotse:

Gunung tertinggi ke 4 di dunia gunung Lhotse Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung tertinggi ke-4 di dunia – gunung Lhotse
Ekspedisi pendakian ke gunung Lhotse Gunung Tertinggi di Dunia
Ekspedisi pendakian ke gunung Lhotse

Pada awal pendakian pendaki akan mulai mendaki dari basecamp Everest. Lalu, pendaki menuju tebing Reiss dan lanjut ke jalur pendakian gunung Lhotse yang sebenarnya. Medan pendakian berupa tebing es, gletser dan puncak gunung yang terjal. Pendaki perlu keahlian mountaineering, ice climbing dan aklimatisasi yang handal. Beberapa pendaki yang pernah mencapai puncak Lhotse, diantaranya: Ernest Reiss, Fritz Luchsinger, Sepp Mayerl, Rolf Walter, Ryohei Uchida, Reinhold Messner, dll.

5. Gunung Makalu (8.485 m)

Inilah gunung tertinggi di dunia ke-5, Gunung Makalu (8.485 m). Gunung Makalu terletak di tenggara gunung Everest, tepatnya 19 km sebelah tenggara gunung Everest. Secara administratif, gunung Makalu masuk ke dalam perbatasan Nepal dan Tiongkok. Karena gunung Makalu termasuk dalam jajaran gunung di atas 8.000 m, selain mendapat julukan gunung tertinggi ke-5, dia juga mendapatkan julukan sebagai eight-thousander.

Menurut beberapa pendaki, gunung Makalu memiliki letak yang sedikit terisolasi. Medan pendakian sangat terjal dan berbahaya. Maka dari itu, pendaki perlu teknik-teknik mountaineering khusus untuk bisa menaklukkan puncak Makalu. Misalnya, teknik high altitude hiking, rock climbing, & ice climbing. Keberadaan porter & guide sangat krusial untuk menaklukkan Makalu. Karena memang pendaki perlu membawa perlengkapan yang banyak dan harus membaca kondisi cuaca dengan baik.

Berikut ini beberapa foto gunung tertinggi ke-5, gunung Makalu:

Gunung tertinggi ke 5 di dunia gunung Makalu Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung tertinggi ke-5 di dunia – gunung Makalu
Ekspedisi pendakian ke gunung Makalu Gunung Tertinggi di Dunia
Ekspedisi pendakian ke gunung Makalu

Sedikit catatan sejarah dari pendakian ke puncak Makalu.

  • Pada tahun 1955, ada dua pendaki yang berhasil menjejakkan kaki di puncak Makalu. Mereka adalah pendaki dari Perancis, yaitu Lionel Terray & Jean Couzy.
  • Pada tahun 1970, ada dua pendaki Jepang yang mencoba jalur Southeast Ridge FA, untuk menaklukkan puncak Makalu. Setelah perjuangan melintasi medan yang sangat berat dan cuaca ekstrim, Y. Ozaki & A. Tanaka berhasil mencapai puncak Makalu.
  • Pada tahun 1971, ada dua pendaki gila yang ingin menerobos jalur west pillar yang terkenal berbahaya. Mereka adalah Frenchmen B. Mellet & Y. Seigneur. Mereka mendaki dengan medan tebing vertikal yang terjal untuk mencapai puncak Makalu. Gila sih, tapi setelah serentetan cuaca ekstrim dan insiden, mereka akhirnya berhasil ke puncak Makalu.
  • Kabar gila terakhir datang pada 9 Februari 2009 yang lalu. Kala itu wilayah Makalu masuk dalam musim winter. Dan lagi-lagi ada pendaki yang cukup gila untuk menjadi first climbed in winter season on Makalu. Mereka adalah Simone Moro & Kazakh Denis Urubko, pendaki dari Italia. Pada cuaca cerah saja, pendakiannya sesulit itu, kedua pendaki gila ini ngotot buat memecahkan rekor mendaki Makalu di musim dingin.

Itulah 5 puncak gunung tertinggi di dunia. Puncak yang mendapatkan julukan puncak agung, puncak para dewa dan eight-thousander. Hanya pendaki-pendaki yang profesional yang berani mengadu nyali ke sana. Karena kesalahan sedikit saya, nyawa pendaki akan melayang tertelan keganasan cuaca ekstrim di gunung tersebut. Akhir kata, jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *