Tips Meningkatkan Hasil Budidaya Ikan Lele Dengan Maksimal

Berbincang tentang budidaya ikan, bisa dikatakan jika budidaya ikan lele menjadi salah satu ide yang paling banyak dipilih. Pasalnya, lele termasuk jenis ikan konsumsi yang sangat digemari dan memiliki nilai ekonomi yang cenderung stabil dari waktu ke waktu.

Oleh karenanya, budidaya lele memberikan gambaran keuntungan yang menarik, terlebih jika Anda berhasil meningkatkan hasil budidaya lele.

Nah, berbincang tentang meningkatkan hasil budidaya ikan lele, ada beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan. Penasaran? Simak ulasannya!

Ragam Tips Meningkatkan Hasil Budidaya Lele

Tips Meningkatkan Hasil Budidaya Ikan Lele Dengan Maksimal 1024x681 Tips Meningkatkan Hasil Budidaya Ikan Lele Dengan Maksimal

Untuk meningkatkan hasil budidaya lele dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, ada beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan. Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengatur konstruksi kolam

Konstruksi kolam yang tepat akan berpengaruh pada ruang gerak lele. Oleh karenanya, mengatur konstruksi kolam yang tepat adalah hal yang sangat penting.

Dalam hal ini, kedalaman air kolam sebaiknya kurang dari 80 cm dengan tinggi dari pematang sekitar 20 cm. Selain itu, kolam lele baiknya dilengkapi dengan pipa untuk menjaga permukaan air agar tidak terlalu dekat dengan pematang.

Memilih benih lele yang tepat

Hasil budidaya lele yang meningkat sangat dipengaruhi oleh pemilihan benih. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda memilih benih lele dengan kualitas terbaik. Selain itu, pastikan jika Anda melakukan budidaya dengan memilih benih dengan ukuran yang seragam.

Perhatikan manajemen pakan dan air

Pakan dan air memang menjadi penentu utama hasil budidaya lele. Dalam hal ini, pastikan jika Anda memberikan pakan yang tepat baik jenis, waktu dan juga dosisnya.

Selain itu, terkait air, Anda juga perlu memperhatikan kebersihannya. Kuras air secara teratur sesuai dengan kepadatan tebar benih. Air yang terlalu lama tidak diganti akan menjadi racun dan membunuh benih lele.

Baca juga: Rekomendasi Umpan Ikan Belanak Termanjur.

Nah, dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentu peluang untuk mendapatkan hasil budidaya ikan lele yang lebih melimpah bisa didapatkan. Risiko kegagalan pun dapat diminimalisir. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.