Ukuran-Kitchen-Set-yang-Bagus

Ukuran Kitchen Set

Bagi Anda yang baru saja membangun atau hendak merenovasi hunian, ada baiknya menyimak artikel ini mengenai bagaimana memaksimalkan area untuk kitchen set agar efektif, efesien, dan nyaman.

Secara sederhana untu ukuran kitchen yang umumnya diterapkan di Indonesia seperti gambar berikut:

Ukuran Kitchen Set Ukuran Kitchen Set
via fantasticviewpoint.com

Terdapat kitchen set bagian atas dan bagian bawah yang digunakan mulai dari area penyimpanan, oven, kulkas, wastafel, hingga kompor.

Perihal pembagian ukuran yang ideal untuk pengaplikasiannya, sebagai berikut:

Ukuran Kitchen Set

Bagian #1: Area Kerja

(80 s.d 120 cm)

Pertama, perihal ukuran area kerja utama. Area kerja utama tersebut berupa perhatian terhadap jarak antar meja dan keleluasaan aktifitas di dapur.

Misalnya, antar meja dapur yang saling berhadapan sebaiknya kedua meja ini memiliki jarak 80 hingga 120cm sehingga Anda lebih leluasa saat berpindah maupun membungkuk.

Contoh implementasinya untuk kitchen set double side, maka jarak antar kitchen set kiri dan kanan disarankan 80 s.d 120 cm.

Bagian #2: Tinggi Kitchen Set

(85 s.d 100 cm)

Kedua, ukuran ideal kitchen set yakni setinggi panggul orang dewasa. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam hal mobilisasi maupun aktifitas dapur.

Sementara itu, untuk kitchen set kabinet bagian atasnya biasanya ada hingga ketinggian 220 cm atau disesuaikan dengan jangkauan tangan penghuni rumah. Untuk mengantisipasi, Anda bisa siapkan kursi kecil guna menjangkau bagian paling atas.

Bagian #3: Jarak Antar Kabinet

(50 s.d 70 cm)

Lalu, untuk jarak antar kabinet bawah dan atas idealnya 50 s.d 70 cm. Dengan ukuran ini, Anda dapat lebih mudah menjangkau kabinet atas tanpa alat bantuan lagi.

Selain itu, dengan jarak yang cukup Anda juga bisa menyediakan gantungan untuk alat-alat dapur. Misalnya, sendok wajan, pisau, saringan, dan sebagainya.

Bagian #4: Lebar Meja

(50 sd 70 cm)

Untuk ukuran meja dapur sendiri, lebar biasanya 50 s.d 70 cm. Sementara itu, panjangnya tergantung kesediaan ruang yang Anda miliki.

Jika cukup panjang, layout lurus bisa Anda gunakan, namun bila ada di pojok ruang, tentu layout letter L atau U bisa dijadikan opsi.

Bagian #5: Ukuran Kabinet Atas

(35 s.d 50 cm)

Lebar untuk tiap modul kabinet atas sekitar 35 s.d 50 cm. Kemudian, ini diaplikasikan sepanjang ruangan yang Anda miliki.

Untuk lebar 50 cm, ini cock bagi Anda yang kerap menyimpan barang-barang dengan ukuran cukup besar, misalnya alat makan, koleksi, dan sebagainya.

Bagian #6: Ukuran Area Cucian

(80 s.d 90 cm)

Pada meja dapur, ini merupakan area paling lebar. Area cucian biasanya terbagi dua, yakni bak 1 dan bak 2. Namun, tak jarang pula ada area ketiga untuk meniriskan piring serta gelas yang telah selesai dicuci.

Sehingga idealnya ukuran area cucian ini 80 s.d 90 cm.

Bagian #7: Area Masak

(50 s.d 80 cm)

Terakhir area masak atau kompor. Ini sebenarnya tergantung ukuran dari kompor yang kamu miliki. Umumnya panjang kompor 70 hingga 80 cm dengan 2 tungku.

Jadi, saat membuat kitchen set nantinya perlu ada area kosong guna menempatkan kompor serta beberapa alat bantu masak lainnya.

Biasanya untuk kamu yang menggunakan jasa kitchen set, perhitungan ini telah dikalkulasi oleh vendor guna merancang yang terbaik dan dipersonalisasi sesuai kebutuhan.

Namun, artikel ini bisa dijadikan sebagai gambaran umum berapa ukuran dan lebar dari masing-masing bagian dalam pengaplikasian kitchen set.

Demikianlah artikel mengenai ukuran kitchen set yang biasanya di Indonesia.

Semoga hunian Anda semakin nyaman dengan kitchen set baru tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *