Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk

Windows Cannot be Installed to This Disk

Ketika melakukan instal ulang dan menemukan masalah seperti Windows Cannot be Installed to This Disk pasti membuat Anda sedikit panik bukan? Takut-takutnya ini merupakan masalah yang serius menimpa PC yang digunakan.

Sebenarnya, masalah error seperti ini bukan hanya Anda yang mengalaminya, karena pesan error seperti ini begitu sering ditemukan. Biasanya, error seperti ini muncul ketika sedang mengatur partisi, baik ketika membuat partisi baru maupun membuat partisi lama.

Masalah ini bisa menjadi lebih rumit jika Anda sudah menghapus atau memformat partisi lama. Bila pesan seperti ini muncul dihadapan Anda maka proses instalasi OS Windows tidak bisa dilanjutkan dan akhirnya menjadi stuck. Bila masalah sudah seperti ini, booting ulang saja bisa terhambat.

Penyebab Windows Cannot be Installed

Ketika menemukan tulisan Windows Cannot be Installed, mungkin Anda akan langsung panik dan bingung apa yang sebenarnya terjadi. Mungkin, salah satu hal yang langsung Anda tuju adalah kesalahan melakukan langkah penginstalan.

Sebenarnya, masalah Windows Cannot be Installed disebabkan karena tipe partisi pada harddisk tidak tepat. Masalah lain Windows Cannot be Installed juga bisa disebabkan karena pengaturan BIOS yang tidak tepat.

Seringnya, munculnya Windows Cannot be Installed ini terjadi di Windows 7, 8 serta 10. Selain itu, Windows Cannot be Installed juga lebih sering ditemukan pada perangkat PC serta laptop terbaru.

Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk

Ketika sudah mengetahui penyebab dari kemunculan tulisan Windows Cannot be Installed, pasti Anda ingin langsung mengatasinya bukan. Untuk mengatasi masalah kemunculan Windows Cannot be Installed sebenarnya mudah.

Menurut situs teknologi Thelastsurvivors, masalah munculnya tulisan ini mudah dilakukan lantaran Anda tidak perlu ganti harddisk baru maupun memformat keseluruhan isi harddisk.

Namun, sebelum melakukan beberapa langkah di bawah ini, Anda bisa melakukan backup data terlebih dulu. Berikut langkah mengatasi Windows Cannot be Installed:

1. Atur pengaturan BIOS Dahulu

Untuk mengatasi Windows cannot be installed to this disk, Anda bisa melakukan pengaturan pada BIOS. Berikut langkah – langkahnya:

  • Matikan laptop terlebih dulu, kemudian nyalakan kembali dan tekan F1, F2, F12 serta ESC agar bisa masuk dalam BIOS.
  • Jika sudah masuk dalam BIOS, Anda bisa mencari pengaturan Boot serta Boot mode. Nantinya akan terdapat opsi boot mode dan buka pengaturannya.
  • Pilih setting UEFI atau legacy, kemudian tekan enter, keluar serta simpan pengaturan BIOS.

2. Melakukan Setting Tipe Partisi Harddisk

Harddisk sebenarnya mempunyai 2 tipe yakni MBR serta GPT. Untuk Windows baru, Anda dapat mengaturnya ke MBR. Biasanya, selain terdapat pesan Windows Cannot be Installed juga terdapat pesan GPT partition style.

Agar bisa mengubahnya, Anda dapat menggunakan aplikasi CMD, Minitool partition wizard serta EaseUS Partition Master. Namun kalau Anda menggunakan aplikasi besutan pihak ketiga, Anda diharuskan upgrade ke versi premium.

Sehingga hal ini mengharuskan Anda mengeluarkan uang untuk berlangganan fitur tersebut. Alasannya karena fitur Convert MBR to GPT atau sebaliknya itu termasuk ke dalam fitur premium.

Jadi, alternatifnya adalah Anda perlu mengubah format partisi GPT saat membuat bootable Windows di Rufus. Caranya tidak terlalu kompleks, Anda hanya disuruh memilih format partisi GPT doang, terus bikin bootable baru untuk menginstal Windows pada PC Anda.

Nah, kurang lebihnya seperti itu ya. Jikalau cara mengatasi Windows cannot be installed to this disk di atas manjur, silakan bagikan pembahasan ini ke rekan Anda di media sosial ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *