Rekomendasi-Tempat-Wisata-Terbaik-di-Banyumas

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)

Lagi liburan di Banyumas? Butuh rekomendasi tempat wisata yang seru dan kekinian? Kebetulan banget nih, kamu baca artikel ini. Karena kami akan membarikan 7 rekomendasi wisata terbaik di Banyumas yang lagi hits. Penasaran? Yuk, baca artikel ini sampai selesai.

1. Lokawisata Baturraden

Wisata Banyumas Lokawisata Baturraden 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)
Lokawisata Baturraden, Banyumas (foto: instagram.com/lokawisata_baturraden/)
LokasiDusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00 –15.30 WIB
Harga Tiket MasukRp20.000 saat weekday
Rp25.000 saat weekend
Rating objek wisata4.5/5 dari 20.500 ulasan Google

Lokawisata Baturraden merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi ikon wisata di Banyumas. Ada berbagai jenis wahana yang bisa kamu nikmati di Lokawisata Baturraden, seperti wisata curug, taman botani, kebun binatang, kolam renang, serta area bermain anak. Tak perlu khawatir saat sedang berada di wisata ini, karena fasilitas wisata juga terbilang lengkap, mulai dari musala, toilet, serta area restoran.

Lokawisata ini sangat tepat dijadikan sebagai wisata keluarga dan tujuan edukasi anak sekolah. Suasananya sejuk (karena berada di kaki Gunung Slamet) dan menentramkan. Tak heran kalau banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berlibur ke wisata ini.

Tiket masuk ke Lokawisata Baturraden ini seharga Rp20.000 saat weekday, dan Rp25.000 di saat weekend. Namun, perlu diperhatikan, wisata ini akan sangat ramai saat liburan sekolah, sehingga kamu harus mencari waktu yang tepat jika ingin berwisata di Baturraden.

2. Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Wisata Banyumas Taman Andhang Pangrenan Purwokerto 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)
Taman Andhang Pangrenan Purwokerto, Banyumas (foto: instagram.com/aris.setiowati.737/)
LokasiJalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Banyumas (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –22.00 WIB
Harga Tiket MasukRp5.000
Rating objek wisata4.3/5 dari 10.653 ulasan Google

Salah satu lokasi kebanggan masyarakat Purwokerto adalah Taman Andhang Pangrenan. Nama Andhang sendiri berarti “tempat”, sedangkan Pangrenan berarti “bersenang-senang”. Secara harfiah, Andhang Pangrenan berarti tempat untuk bersenang-senang. Taman ini berhawa sejuk, suasana yang nyaman dan indah, sehingga sangat cocok untuk kamu yang hobi hunting foto.

Di dalam taman ini terdapat spot foto seperti becak mini dan sepeda anak. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi taman ini. Mulai dari piknik bersama keluarga ataupun berolahraga. Taman Andhang ini merupakan alternatif selain Alun-alun Purwokerto, karena tempatnya yang dekat dengan masjid, hotel, bioskop, serta minimarket.

3. Hutan Pinus Limpakuwus

Wisata Banyumas Hutan Pinus Limpakuwus 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)
Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas (foto: instagram.com/hutanpinuslimpakuwuss/)
LokasiArea Sawah, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –16.00 WIB
Harga Tiket MasukRp20.000
Rating objek wisata4.6/5 dari 3.159 ulasan Google

Hutan Pinus Limpakuwus merupakan area hutan yang ditumbuhi pohon pinus yang kurang lebih sudah berumur 30 tahun. Pohon ini berjejer rapi, daunnya lebat, sehingga udara sekitar sangat sejuk dan juga segar. Saat kabut, cuaca terasa lebih dingin, sehingga para pengunjung harus selalu membawa pakaian tebal agar tak kedinginan.

Selain hutan pinus, di dekat wisata ini terdapat padang rumput yang luas dan hijau. Jika beruntung, dari Hutan Pinus kamu bisa melihat sapi-sapi yang sedang merumput di padang tersebut. Objek wisata ini punya fasilitas yang cukup memadai, ditambah lagi wahana anak, sehingga cocok dijadikan tempat berlibur sekeluarga.

Wisata Hutan Pinus Limpakuwus ini terletak tak jauh dari pusat kota, sehingga akan ramai pengunjung saat akhir pekan atau saat liburan tiba. Harga tiket masuknya juga relatif murah, hanya Rp20.000 per orang.

Selain berswafoto, kamu juga bisa mendirikan tenda dan camping di camping area yang telah disediakan. Sebagai informasi, Hutan Pinus ini masuk dalam list tempat camping terbaik di sekitar Purwokerto yang paling populer. Dari Purwokerto, kamu hanya perlu berkendara selama 42 mnt (16,8 km) lewat Jl. Raya Baturaden.

Tertarik untuk rekreasi ke sana? Yuk, liburan ke Hutan Pinus Limpakuwus.

4. The Village Purwokerto

Wisata Banyumas The Village Purwokerto 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)
The Village Purwokerto, Banyumas (foto: instagram.com/rusmidlyantie/)
LokasiDusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –17.00 WIB
Harga Tiket MasukRp10.000 pada weekday
Rp20.000 pada saat weekend
Rating objek wisata4.3/5 dari 9.609 ulasan Google

The Village Purwokerto adalah sebuah taman di atas lahan seluas 2,8 hektar yang di dalamnya terdapat berbagai bangunan bernuansa Eropa. The Village ini tak hanya menjadi tempat healing saja tetapi juga wisata edukasi.

Namun, meski arsitekturnya bernuansa Eropa, kamu bisa mencicipi berbagai kuliner khas Nusantara seperti combro, mendoan, hingga getuk goreng.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang suka berburu foto selfie, karena banyak sekali spot yang Instagramable. Terdapat juga taman-taman yang hijau dan danau yang mempesona. Selain itu, jika berlibur bersama anak atau balita, ada area bermain berupa mini zoo dan playground, di mana anak bisa bermain sepuasnya.

5. New Small World (Taman Miniatur Dunia)

Wisata Banyumas New Small World Taman Miniatur Dunia 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)
New Small World (Taman Miniatur Dunia), Banyumas (foto: instagram.com/keluyuranaja/)
LokasiJl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Purwokerto (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –16.00 WIB
Harga Tiket MasukRp20.000 saat weekday
Rp25.000 saat weekend
Rating objek wisata4.2/5 dari 7.931 ulasan Google

New Small World atau Taman Miniatur Dunia ini terletak di Baturraden, Banyumas. Objek wisata ini berupa miniatur hits yang merupakan ikon dari beberapa negara. Tempat ini menjadi surga wisata bagi mereka yang ingin berfoto dengan background spot yang Instagramable.

Waktu terbaik untuk mengunjungi New Small World ini adalah sore hari, karena matahari tak terlalu terik. Kamu juga bisa berjalan-jalan santai, menikmati pemandangan sambil berswafoto di berbagai miniatur yang ada. Mengunjungi Small World ini ibarat kamu berkeliling dunia dalam satu hari, jadi pastikan handphone kamu bisa menampung banyak foto, ya.

Berikut miniatur yang bisa kamu kunjungi di Small World:

  • Miniatur Menara Eiffel Paris
  • Patung Liberti Amerika
  • White House
  • Monas Jakarta
  • Ka’bah yang ada di Mekah
  • Twin Tower Malaysia
  • Menara Pisa Italia
  • Colosseum
  • Rumah tradisional Jepang dan Korea,
  • Kincir Angin Belanda, dan lain-lain.

6. Taman Mas Kemambang

Wisata Banyumas Taman Mas Kemambang 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)
Taman Mas Kemambang, Banyumas (foto: instagram.com/tamanmaskemambang/)
LokasiJl. Karang Kobar No.9, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 09.00 –22.00 WIB
Harga Tiket MasukRp10.000
Rating objek wisata4.4/5 dari 6.103 ulasan Google

Taman Balai Kemambang atau Taman Apung Mas Kemambang adalah destinasi wisata yang juga menjadi primadona masyarakat Banyumas. Taman ini cocok dikunjungi di saat free-time bersama anak, keponakan, ataupun keluarga.

Ada banyak sekali wisata yang children-friendly yang bisa kamu coba bersama si kecil, seperti wahana bebek air, taman bermain anak, gazebo yang aesthetic, serta kolam ikan.

Daya tarik lain dari wisata ini adalah berbagai spot foto yang cocok buat para foto hunting. Tiket masuk wisata ini juga relatif murah, yaitu Rp10.000 per orang. Wisata ini bisa dikunjungi sampai malam yaitu jam 22.00 WIB.

7. Dream Land Water Park

Wisata Banyumas Dream Land Water Park 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Banyumas (2022)
Dream Land Water Park, Banyumas (foto: instagram.com/novi_nophi/)
LokasiPancasan, Kec. Ajibarang, Kabupaten Banyumas (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –18.00 WIB
Harga Tiket MasukRp20.000 saat weekday
Rp25.000 saat weekend
Rp5.000 untuk anak di bawah 5 tahun (belum termasuk sewa loker dan pelampung)
Rating objek wisata4.0/5 dari 3.825 ulasan Google

Bosan dengan wisata alam atau wahana permainan? Kamu bisa mencoba mengunjungi destinasi yang satu ini, Dream Land Water Park. Layaknya wisata air kebanyakan, di Dream Land Water Park ini, kamu bisa menikmati berbagai wahana. Dream Land terkenal memiliki berbagai jenis perosotan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Uniknya lagi, di Dream Land kamu bisa melihat satwa dan berbagai jenis binatang di Taman Satwa-nya.

Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi Dream Land Water Park:

  • Waterboom
  • Kolam arus
  • Kolam ombak
  • Kolam anak dan dewasa
  • Kebun binatang Mini
  • Taman reptil
  • Water slide mini dan raksasa
  • Gazebo
  • Food court
  • Loker
  • Kolam terapi ikan
  • Toilet dan kamar ganti
  • Musala
  • Panggung Hiburan
  • Mini outbound
  • Goa

Kolam air dan wahana permainan di Dream Land Water Park ini juga bersih dan membuat nyaman pengunjung. Tiket masuknya terbilang murah, hanya Rp20.000 di saat weekday dan Rp25.000 ketika weekend. Untuk anak di bawah umur 5 tahun hanya dipungut biaya Rp5.000 saja. Menghabiskan waktu di wisata air ini pasti membuat liburan kamu tambah seru.

Nah, objek wisata yang melimpah inilah membuat Banyumas sering didatangi oleh pelancong dari berbagai daerah. Jika kamu penasaran dan ingin menghabiskan waktu untuk healing dan merefresh diri dari banyaknya kesibukan, mungkin 7 destinasi di atas bisa menjadi pilihan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *