Rekomendasi-Tempat-Wisata-Terbaik-di-Madura

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)

“Yuk, kita liburan ke Madura!”. Mendengar ajakan di atas, mungkin yang terpikir olehmu adalah “memang di Madura ada tempat wisata apa?”

Jangan salah ya, teman-teman, Pulau yang berada di seberang Surabaya ini mempunyai banyak sekali destinasi yang menawan, terutama wisata alamnya yang masih asri dan terawat dengan baik.

Keindahan objek wisata di Pulau Madura nggak kalah kekinian dari wisata-wisata yang ada di Pulau Jawa. Penasaran? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Madura:

1. Wisata Bukit Jaddhih

Wisata Madura Wisata Bukit Jaddhih 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)
Wisata Bukit Jaddhih, Madura (foto: instagram.com/ayodolan/)
LokasiJakan, Parseh, Kec. Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 06.30 –17.00 WIB
Harga Tiket MasukRp5.000 per orang
Rating objek wisata4.0/5 dari 5.875 ulasan Google

Mau terlihat berlibur seolah berada di luar negeri? Kamu harus mengunjungi destinasi satu ini, Bukit Jaddhih. Pemandangan serba putih akan terlihat sangat indah nan eksotis seperti sedang berada di Yunani atau Timur Tengah.

Bukit Jaddhih ini merupakan bekas area pertambangan kapur, yang kemudian disulap menjadi wisata indah. Selain warna putih dari kapur, di sana terdapat sebuah danau berwarna biru, perpaduan warna yang instagenic. Di danau ini kamu bisa berkeliling menggunakan rakit bambu.

Untuk masuk ke wisata Bukit Jaddhih ini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp5.000 saja, ditambah biaya parkir mobil Rp20.000. Bukit Jaddhih buka dari pukul 06.30 –17.00 WIB. Pengunjung di musim liburan akan sangat membludak, sehingga kamu harus pintar-pintar mencari waktu luang untuk datang ke wisata satu ini.

2. Wisata Pantai Sembilan

Wisata Madura Wisata Pantai Sembilan 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)
Wisata Pantai Sembilan, Madura (foto: instagram.com/wearesumenep/)
LokasiPulau Gili Genting, Bringsang, Sumenep (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp5.000 per orang (belum termasuk biaya menyeberang dengan kapal)
Rating objek wisata4.4/5 dari 104 ulasan Google

Bertetangga dengan Pulau Bali, ternyata Madura juga punya pantai yang nggak kalah ciamik dibanding Pulau Dewata. Pantai Sembilan terletak di Gili Genting, Sumenep. Akses ke pantai ini menggunakan kapal. Biaya menyeberang ini Rp15.000 per orang, jika membawa motor maka akan dipungut Rp15.000 per motor.

Namun rasa capek akan seketika hilang saat sampai di Gili Genting yang luar biasa memesona. Pasir pantainya putih bersih, langit biru terang, deburan ombak, serta semilir angin akan membuat pengunjung betah dan ingin berlama-lama di Pantai Sembilan ini.

Dinamakan Pantai Sembilan karena salah satu sisi pantai berbentuk angka sembilan jika dilihat dari udara. Unik ya? Dan tahu nggak, ternyata Pantai Sembilan termasuk salah satu pantai terindah di Madura favorit wisatawan.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Sembilan ini, seperti berenang, snorkeling dan melihat indahnya alam bawah laut, bahkan bermain banana boat. Untuk kamu yang ingin bermalam, jangan khawatir karena terdapat homestay di area pantai yang bisa disewa.

3. Api Tak Kunjung Padam Pamekasan

Wisata Madura Api Tak Kunjung Padam Pamekasan 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)
Api Tak Kunjung Padam Pamekasan, Madura (foto: instagram.com/dennysuhartono/)
LokasiAsemanis Satu, Larangan Tokol, Kec. Tlanakan, Kabupaten Pamekasan (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp10.000 per orang
Rating objek wisata4.2/5 dari 1.751 ulasan Google

Pernah mendengar tentang api abadi? Nah, salah satunya ada di Madura, Pamekasan tepatnya. Api Tak Kunjung Padam ini terletak di Dusun Asem Manis II Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan.

Untuk memunculkan api, kamu cukup menggali sedikit tanah, lalu menyalakan api menggunakan korek. Api yang muncul memang bukan api membara yang besar, titik apinya kecil namun bisa muncul di beberapa tempat sekaligus.

Banyaknya wisatawan yang penasaran dengan api ini membuat tempat ini selalu ramai. Kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah. Selain itu, ada berbagai jenis makanan seperti jagung yang dijual di area wisata, kamu bisa membuat jagung bakar sendiri. Tiket masuk ke area wisata Api Tak Kunjung Padam ini hanya Rp10.000 per orang.

4. Air Terjun Toro’an

Wisata Madura Air Terjun Toro an 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)
Air Terjun Toro’an, Madura (foto: instagram.com/sams_cooler/)
LokasiDesa Ketapang Daya, Ketapang, Ketapang Daya, Ketapang, Talabang, Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Kabupaten Sampang (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 06.00—18.00
Harga Tiket MasukHTM: Gratis
Parkir Motor: Rp5.000
Parkir Mobil: Rp10.000
Rating objek wisata4.2/5 dari 1.631 ulasan Google

Untuk kamu yang sangat suka bertualang di alam, belum lengkap kalau tidak mengunjungi wisata ini saat berlibur di Madura. Namanya Air Terjun Toro’an, yang dikenal fenomenal di Sampang, Madura. Keunikan dari air terjun ini adalah lokasinya yang berada di tepi laut, air langsung terjun dari tebing menuju perairan Laut Jawa.

Nah, waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun ini adalah sore hari. Bayangkan saja, kamu bisa melihat kombinasi keindahan air terjun, cahaya matahari sore, deburan ombak laut, serta semilir angin sore yang luar biasa membuat hati tenang. Perfect!

Meski indah, saat berwisata ke Air Terjun Toro’an ini, kamu tidak disarankan untuk berenang. Selain itu, batu-batu karang di sekitar air terjun juga sangat licin, sehingga pengunjung harus ekstra hati-hati.

5. Pantai Lombang

Wisata Madura Pantai Lombang 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)
Pantai Lombang, Madura (foto: instagram.com/jacc.ky76/)
LokasiDesa Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00—18.00
Harga Tiket MasukRp10.000 per orang
Rating objek wisata4.4/5 dari 1.607 ulasan Google

Pantai Lombang merupakan salah satu destinasi yang sangat sering dikunjungi oleh Masyarakat Madura. Pasirnya yang putih membentang seluas 12 kilometer, pantai ini dikelilingi oleh pohon cemara udang yang tinggi rata-rata 4 meter. Tak heran kalau pantai menjadi teduh dan udaranya menjadi sangat sejuk. Ombak pantai yang tidak terlalu besar membuat pantai ini aman untuk berenang maupun snorkeling.

Kalau kamu berwisata di Pantai Lombang, banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berenang, memancing, berburu kuliner, bahkan menonton pertunjukan budaya. Untuk yang ingin bermalam, di sekitar pantai tersedia homestay dengan harga yang bersahabat di kantong.

6. Bukit Pelalangan Arosbaya

Wisata Madura Bukit Pelalangan Arosbaya 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)
Bukit Pelalangan Arosbaya, Madura (foto: instagram.com/guidemalang/)
LokasiPelalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Makam Air Mata, Buduran, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 09.00—17.00
Harga Tiket MasukRp10.000 per orang Rp20.000 untuk parkir mobil Rp3.000 untuk parkir motor
Rating objek wisata4.3/5 dari 1.441 ulasan Google

Bukit Pelalangan Arosbaya bisa dikatakan sebagai salah satu mahakarya indah bentukan alam dan hasil pahatan tangan manusia. Pahatan bukit kapur ini terlihat sangat menakjubkan, seolah kamu sedang bertualang ala Indiana Jones.

Kalau pada umumnya bukit kapur berwarna putih, Bukit Arosbaya ini memiliki warna coklat kemerahan. Di sekitarnya tumbuh tanaman liar sehingga wisata ini tampak eksotis dan memesona. Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan terbaik, maka datanglah di pagi hari. Cahaya matahari akan masuk melalui celah-celah berbatuan bukit, sehingga akan tampak efek magis, terlalu indah untuk dilewatkan.

Akses menuju Bukit Pelalangan Arosbaya ini juga bagus. Untuk kamu yang suka gowes dengan sepeda, kamu bisa membawa sepeda masuk ke area wisata, hanya perlu membayar Rp10.000 (sudah dengan sepeda). Cuss kunjungi deh kalau penasaran dengan keindahan bukit ini!

7. Boekit Tinggi Daramista

Wisata Madura Boekit Tinggi Daramista 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Madura (2022)
Boekit Tinggi Daramista, Madura (foto: instagram.com/dedy_bendot/)
LokasiBilla Tompok, Daramesta, Kec. Lenteng, Kabupaten Sumenep (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 06.00—21.00
Harga Tiket MasukRp5.000 per orang
Rating objek wisata4.2/5 dari 963 ulasan Google

Kalau liburan tanpa dilengkapi dengan sesi foto-foto memang kurang lengkap rasanya. Nah, kalau mau mengoleksi foto liburan yang super kece, Boekit Tinggi Daramista Madura ini destinasinya. Jika ingin berwisata ke Boekit Tinggi Daramista ini, siapkan energi ya, karena kamu akan berjalan kaki untuk sampai ke atas bukit. Tenang, semua rasa capek akan terbayar saat kamu melihat keindahan bentang alam dari atas bukit. Benar-benar rasanya bak berada di Negeri Dongeng. Ada berbagai spot foto Instagramable yang bisa kamu coba satu persatu.

Pemandangan akan semakin indah menjelang sore. Matahari terbenam, semilir angin bukit, serta alam hijau yang membentang luas merupakan pemandangan yang tidak boleh dilewatkan. Boekit Tinggi Daramista akan terasa semakin romantis saat menjelang malam dengan pemandangan city light ala Kabupaten Sumenep.

Wah, ternyata Pulau Madura punya banyak sekali potensi wisata indah, bukan? Wisata tersebut juga unik dan sangat memanjakan mata serta tak bikin kantong jebol. 7 Destinasi di atas sangat pas untuk kamu yang ingin healing dan rehat dari kesibukan kantor, sekolah, atau penat dengan kesibukan harian yang membosankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.